Rahasia Bumbu Rujak Paciran yang Menggoyang Lidah

Profil

Bumbu Rujak

Ja'colek is bumbu rujak paciran khas gula paciran dibuat dengan uleg tangan profesional dengan komposisi bahan gula aren asli khas paciran rasanya enak, sedap dan bikin nagih. Ngicip sekali, colek lagi, habis beli lagi.

recent

Cara paling Nikmat Menikmati Buah? Di Colekin Ja’Colek Aja

Ada banyak cara menikmati berbagai buah segar. Dinikmati secara langsung, dibuat salad, es buah atau yang paling disukai adalah dengan bumbu rujak. Siapa pun...

Rahasia Bumbu Rujak Paciran yang Menggoyang Lidah

Bagi pecinta kuliner rujak buah, bumbu adalah ibarat nyawa bagi nikmatnya rujak. Bumbu yang rasanya kurang nendang dan lezat akan membuat suasana moment menikmati...

Penasaran dengan Kenikmatan Bumbu Rujak Paciran yang Unik dan Khas?yuk, Cari Tahu Dulu Di sini!

Bumbu rujak paciran? Sudahkah diantara Kalian yang pernah merasakannya? Bagi yang hidup di daerah pesisir, seperti Lamongan, Tuban atau Gresik, bumbu rujak adalah makanan sederhana dan...

Bagi pecinta kuliner rujak buah, bumbu adalah ibarat nyawa bagi nikmatnya rujak. Bumbu yang rasanya kurang nendang dan lezat akan membuat suasana moment menikmati rujak sedikit tidak nikmat. Rasa bumbu rujak memang akan berbeda apabila racikan bahan pada bumbu tersebut kurang pas.

Menyaksikan fenomena tersebut, menjadi alasan akan hadirnya bumbu rujak Paciran yang telah terkenal legendaris di seantero daerah pesisir utara. Hadirnya tentu membawa keunikan dan perbedaan dengan bumbu rujak lainnya. Keunikan dan keistimewaannya bisa disimak di bawah ini;

  1. Cara Pembuatan Bumbu Rujak

Cara pembuatan bumbu rujak pada umumnya tidak berbeda antara satu dengan yang lain. Justru yang membedakan adalah bahan baku yang digunakan. Bumbu rujak khas Paciran menggunakan bahan yang memang terbaik. Mulai dari gula jawa, petis yang digunakan hingga takaran bahan yang pas. Dengan takaran yang pas ini lah, meskipun bumbu yang digunakan sama, akan menimbulkan rasa yang berbeda.

  1. Bahan Berkualitas yang Digunakan

Jangan heran apabila telah menikmati bumbu rujak dari Paciran, selalu ingin merasakan lagi dan lagi. Hal tersebut tidak terlepas dari bahan yang digunakan hingga berhasil menghasilkan rasa yang begitu enak dan lezat.

Gula jawa yang digunakan adalah gula yang tidak menggunakan bahan campuran terlalu banyak sehingga rasa khas aren akan tetap terasa. Rasa aren yang masih ada pada gula inilah yang memicu rasa yang berbeda. Bahan lainnya seperti petis adalah petis asin yang berasal dari kaldu udang yang dikentalkan.

  1. Ketahanan Bumbu

Enggan untuk datang langsung ke Paciran, tapi ingin menikmati bumbu rujaknya yang sudah melegenda? Jangan khawatir, karena kini telah dijual bumbu kemasan secara online. Tentang ketahanannya, jangan khawatir bumbu ini bahkan bisa bertahan hingga satu bulan apabila disimpan di dalam kulkas.

  1. Kualitas Rasa Dibanding dengan Bumbu yang Lain

Bagi yang pernah merasakan bumbu rujak yang berasal dari Paciran, sudah jelas bisa membedakan rasa antara satu bumbu dengan bumbu yang lain. Karena tiap daerah punya karakter berbeda, maka bumbu yang dihasilkan pastilah akan berbeda.

  1. Keistimewaan Gula Jawa dari Paciran

Salah satu kunci kenikmatan bumbu rujak ini adalah bahan baku gula jawa yang digunakan. Dibuat dengan cara tradisional selama 4 jam, tanpa banyak menggunakan campuran membuat rasa gula jawa yang dihasilkan terasa lezat dan berbeda dibanding dengan gula aren lainnya.

Hadirnya bumbu rujak khas Paciran dalam kemasan seakan menjadi pengobat rindu bagi para pecinta rujak yang ingin menikmati hidangan rujak, tapi malas untuk membuatnya sendiri. Ja’colek hadir dengan beberapa varian rasa yang bisa dipilih sesuai dengan selera.

Penulis

Dzawin Nuha A

related posts

author

Emma Hayes

There I was in a hot yoga studio with plenty of bright natural light and bending myself into pretzel like positions for the very first time.

instagram